Nikah Hemat yang Nggak Murahan

Sesuai judulnya, disini aku akan membahas tentang mengatur bujet untuk nikahan. Di jaman sekarang, yang harga BBM baru saja naik sebesar 30% buat masa depan bangsa yang lebih baik, biaya nikahan pun nggak tanggung-tanggung naiknya. Nggak kebayang kelak punya anak biaya pernikahannya bijimane deh ngumpulin duitnye. *korek-korek dasar tabungan*

Nikah memang sekali seumur hidup, tapi juga nggak harus nikah dengan resepsi mewah yang menghabiskan uang ratusan juta, eh, buat yang punya bujet lebih sih silakan ya, karena bujet kami berdua terbatas, jadi sebisa mungkin kami menghemat.

Berikut adalah apa-apa saja yang bisa dihemat ketika menyiapkan pernikahan:

1. Box/Kotak Seserahan
Silakan pinjam, karena toh beli baru juga akan menghasilkan box/kotak seserahan yang kita nggak tahu akan dibuat apalagi. Harga 1 box/kotak seserahan berkisar di harga Rp 50,000 – 500,000. Lumayanlah ya kalau bisa pinjam. Aku juga tidak rekomendasi sewa yang dengan harga beti alias beda tipis. Sekarang, hubungi teman-teman yang telah melangsungkan acara Lamaran/Seserahan, dan pinjam box-nya.

Tapi buat kalian yang tetap ingin beli, silakan deh cek web ini : Rumah Hantaran.

2. Undangan/Kartu ucapan terima kasih
Bikin sendiri! Karena aku punya banyak teman baik hati dan si mas juga pintar dengan photoshop, aku minta mereka untuk bantu design. Printing akan kami lakukan sendiri dengan printer laserjet yang kami punya. Yes, murah meriah!

Buat kalian yang tidak ingin design, banyak sekali web yang menyediakan free printable wedding invitation. Jangan samakan website-website ini dengan hasil printing di pasar Tebet yang design-nya sejuta umat itu, jauh,yep you read this. For FREE!

~ weddingchicks
~ handcraft wedding

3. Buku Tamu
Nggak perlu beli, hari gini banyak catering yang menyediakan buku tamu dan peralatan teman-temannya sebagai bonus.

4. Foto Pre-Wed
We don’t need one. Karena aku dan si mas punya banyak koleksi foto super lucu *ditabok yang baca post ini*, nantinya foto-foto tersebut akan kami cetak dan digantung di dekat meja penerima tamu.

5. Entertainment
Kami memutuskan untuk tidak pakai band atau akustik atau organ tunggal. Nope. Kami punya playlist lagu yang kami suka dan nantinya akan di shuffle dan diputar lewat laptop. Cukup tambah sound system. Aman. Hemat dan tetap akan bisa memberikan entertainment yang menyenangkan untuk para tamu kami. Karena kalau dihitung, untuk tambah akustik, musti bayar 3,5 juta, kalau full band 6 juta, mahal aje cing. *calon pengantin yang sekarang serba itungan*

Punya ide lain untuk menghemat biaya pernikahan? Kami dengan senang hati menerima. 😀

2 Comments

  1. hi salam kenal

    Aku niki.. Boleh berbagi info ga kamu pake catering apa jadinya dan dikasih penawaran berapa?tolong balas ke email aku ya….makasoh banyak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: