Tentang Berduka dan Kesedihan

Saya tak pernah bisa menyatakan belasungkawa, sama seperti Hanny. Saya selalu kesulitan mengatakannya. Sampai detik ini, saya tak bisa memilih kata-kata yang tepat untuk menyampaikan maksud saya.

Bahkan, saya selalu saja gagal untuk meyakinkan mereka yang sedang berduka, “Hei, saya disini. Kapanpun kamu butuh.” Yang keluar dari mulut saya pun tak ada. Hanya seulas senyum saja. Saya tahu rasanya bersedih. Tapi tak pernah bersedih karena sedang berduka. Saya tahu rasanya kehilangan yang berkali-kali. Karena saya selalu belajar bahwa yang pergi terkadang takkan pernah kembali.

hands

Ever had a memory that sneaks out of your eye, and rolls down your cheek? I did. So many times.

Kerapkali, saya merasa frustasi karena tak bisa ikut merasakan kesedihan karena berduka. Berharap mereka bisa membagi rasa duka mereka dengan saya. Kerapkali juga, saya jadi dihantui perasaan bersalah karena tak bisa apa-apa. Seperti beberapa hari terakhir ini. Tidur saya tak lagi nyenyak dan tak bisa merasakan nikmatnya nasi padang.

Detik itu, ketika orang terdekat saya berduka, saya berharap bisa mempelajari banyak hal. Seperti misalnya, membuat orang yang sedang berduka tidak lagi bersedih. Saya berharap bisa menyembuhkan luka mereka meski hanya sedikit saja. Detik itu juga, saya menyesal mengapa dulu selalu mabal dari kelas bimbingan psikologi semasa sekolah. Paling tidak, saya bisa belajar untuk mengerti rasanya berduka.

Beberapa terakhir ini, saya membawa kesedihan itu hingga berlarut-larut. Dan saya tetap saja tak bisa mengatakan rasa belasungkawa saya. Mungkin, saya hanya bisa memberikan pelukan dan rasa nyaman yang tak seberapa.

Tapi, satu hal yang saya yakin, orang-orang yang pernah merasakan kesedihan karena berduka, mereka adalah orang-orang kuat. Mereka bertahan dari rasa kehilangan. Walaupun saya sadar, jauh di dalam diri mereka, ada bagian dari diri mereka yang tak pernah kembali lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: